Kamis, 14 Desember 2017

Pimpin Forum Bumdes Jabar, Warga Banjaran Majalengka ini Bertekad Perkuat Ekonomi Kerakyatan


Eman Suherman daru BUMDes Banjaran, Majalengka terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum BUMDES Jabar. Eman bertekad menggali potensi dan memajukan perekonomian masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa masing -masing. 

Forum Bumdes Jawa Barat terbentuk berawal dari grup WhatsApp (WA), akhirnya Forum Bumdes Jawa Barat resmi terbentuk di Masjid Nurul Falah, Kantor DPMPD Provinsi Jawa Barat. Perwakilan pengurus bumdes dari 1 kota/dan 14 kabupaten se-Jawa Barat secara aklamasi memilih Eman Suherman, dari Bumdes Desa Banjaran, Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka, menjadi Ketua Forum Bumdes provinsi Jawa Barat. 

Eman dibantu Sekretaris yang dijabat Solehudin dari Bumdes Bersama Geger Bentang, Kabupaten Ciamis, dan Bendahara Teten dari Bumdes Gua Bau Kabupaten Pangandaran. "Jujur ini grup WA forum Bumdes Jawa Barat dibuat sewaktu bancmarking di Padang pada 26 Agustus 2016. Sekarang sudah terbentuk kepengurusannya," kata EMan kepada TINTAHIJAU.com,  Sabtu (16/12/2017).


Eman bertekad menggali potensi dan memajukan perekonomian masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa masing -masing. Apalagi, kata pria yang mengawali karier sebagai perangkat Desa dan kini berhasil mengelola Bumdes di desanya dengan omzet kurang lebih Rp. 250 juta tersebut dengan konsep menampung semua produk unggulan desa -desa di Kabupaten Majalengka, itu Desa memiliki potensi besar dalam menggali dan menguatkan ekonomi kerakyatan. 

"Potensi desa -desa di Jawa Barat sangat potensial dikembangkan melalui Bumdes seperti di Kabupaten Pangandaran dan Majalengka, "kata Eman

Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat pada BPMPD Provinsi Jawa Barat, Firman Nutafiana, memberikan apresiasi atas terbentuknya kepengurusan Forum Bumdes Provinsi Jawa Barat.

"Semoga Forum Bumdes bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan mengelola potensi desa untuk meningkatkan taraf perekonomian warga desa, "tukas dia.